Ibrahim, Muhammad and Fiksa, Sofwan Ismail (2017) ANALISIS PERBANDINGAN STABILITAS SHEET PILE MENGGUNAKAN PROFIL CPC DAN FPC DENGAN PROGRAM PLAXIS 8.6 (STUDI KASUS TAMBAK LOROK). Undergraduate thesis, Fakultas Teknik UNISSULA.
|
Text
Abstrak.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (497kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (177kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (556kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Dermaga Tambak Lorok Kota Semarang murupakan salah satu dari rangkaian pemerintah untuk menciptakan kampung wisata bahari dengan bentang lebih dari 3 kilometer. Lokasi tersebut memiliki elevasi permukaan tanah yang hampir sejajar dengan muka air laut, maka dari itu diperlukan peninggian dermaga dengan urugan tanah menggunakan perkuatan turap (sheet pile). Metode yang digunakan dalam perencanaan kali ini metode coba-coba dengan teori Rankine, merupakan metode yang digunakan sebagai tekanan tanah yang bekerja. Berdasarkan dilapangan tanah bersifat jenuh air dan tanah timbunan berpasir dengan ketinggian 4 meter. Untuk stabilitas turap (sheet pile) didapatkan kedalaman penetrasi (D’) sheet pile dengan faktor keamanan 60% sebesar 24,489 m, dan panjang total yang telah dibulatkan 30 meter dengan momen maksimum 10,7584 t.m. Pada analisis mengunakan program aplikasi Plaxis V. 8.6 yang telah terkonsolidasi 50 tahun, dengan perhitungan analisa plastis, analisa konsolidasi, dan reduksi phi-c. Turap (sheet pile) yang digunakan CPCi (Corrugatedi Prestressed Concrete) Type W-325iAi1000 dengan cracking moment 11,4 Ton.m diperoleh perpindahan total (total displacement) 15,338 cm, gaya aksial -342,07 kN/m, gaya geser -77,04 kN/m, nilai angka kemanan (safety factor) sebesar 2,6998 > 1,2 dan FPC-320 K 500 dengan cracking moment 11,37 Ton.m diperoleh perpindahan total (total displacement) 15 cm, gaya aksial 342,18 kN/m, gaya geser 77.06 kN/m, momen lentur -80,22 kN/m, nilai angka keamanan (safety factor) sebesar 2,6996 > 1,2 Kata kunci : Turap, beton, CPC, FPC, plaxis, dan total displacaement
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 03:54 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 03:54 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10340 |
Actions (login required)
View Item |