Rizaldi, Muhammad Firhad Ika and Faza, Mukhammad Ilham (2017) PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP TINGKAT PELAYANAN JALAN CITARUM (Studi Kasus Jalan Depan Rumah Sakit Panti Wilasa Semarang). Undergraduate thesis, Fakultas Teknik UNISSULA.
|
Text
Abstrak.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (908kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (165kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kota Semarang merupakan wilayah perkotaan yang padat penduduk. Tingginya aktivitas penduduk di kota Semarang menyebabkan peningkatan arus pergerakan transportasi yang menyebabkan kemacetan lalu lintas. Pada ruas jalan Citarum segmen jalan depan Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Kota Semarang sering terjadi kemacetan pada jam - jam puncak. Kemacetan disini terjadi dikarenakan adanya parkir di badan jalan yang menyebabkan lebar efektif jalan berkurang, ditambah lagi banyaknya aktivitas keluar masuk kendaraan pada sisi jalan yang turut menambah permasalahan di ruas jalan Citarum. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh hambatan samping terhadap kapasitas dan tingkat pelayanan jalan. Pengumpulan data didapat dari data primer dan data sekunder, data Primer sendiri didapat dengan cara survey langsung di lapangan dengan mengumpulkan data volume lalu lintas, data geometrik jalan dan data hambatan samping. Sedangkan data sekunder didapat secara tidak langsung melalui perantara atau data yang telah ada berupa data jumlah penduduk. Kemudian dilakukan pengolahan data dengan melakukan perhitungan data kapasitas jalan, data derajat kejenuhan, dan data tingkat pelayanan jalan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) tahun 1997. Berdasarkan perhitungan dan analisis data bahwa hambatan samping memiliki pengaruh terhadap kapasitas dan tingkat pelayanan jalan. Karena terjadi perbedaan kapasitas dan tingkat pelayanan pada tiap jamnya, hal ini dipengaruhi oleh lebar efektif jalan yang digunakan tiap jamnya berbeda. Ditambah lagi dengan menghilangkan salah satu faktor hambatan samping berupa pengaruh kendaraan berhenti dan parkir, dengan menghilangkan salah satu faktor hambatan samping memberi dampak yang cukup baik, karena terjadi peningkatan kapasitas Jalan dan Tingkat Pelayanan Jalan. Kata kunci: Jalan Citarum, Hambatan Samping, Tingkat Pelayanan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 03:54 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 03:54 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10339 |
Actions (login required)
View Item |