PENGARUH PENAMBAHAN LEMBARAN KARET PADA KAPASITAS DAN PERILAKU SAMBUNGAN BAJA RINGAN DENGAN BAUT

Faisal, Muhammad Amir and Safe’i, Muhammad Theo (2017) PENGARUH PENAMBAHAN LEMBARAN KARET PADA KAPASITAS DAN PERILAKU SAMBUNGAN BAJA RINGAN DENGAN BAUT. Undergraduate thesis, Fakultas Teknik UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DATAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (943kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Baja ringan bukan hal baru dalam pelaksanaan proyek terutama pengerjaan rangka atap. Kelebihan baja ringan yaitu kuat tarik yang tinggi, berat sendiri yang ringan, pemasangan dan pembongkaran yang mudah. Melihat semakin banyaknya limbah karet ban yang ada dan disisi lain karet juga berfungsi untuk menahan gesekan yang bagus. Penelitian ini menguji sambungan baja ringan tanpa penambahan lembaran karet dan dengan penambahan lembaran karet. Variasi ketebalan lembaran karet yang digunakan yaitu 0,5 mm, 1 mm dan 2 mm, serta ada yang diberi lubang dan tidak diberi lubang. Ada satu lapisan lembaran karet dan dua lapisan lembaran karet. Sehingga total variabel pada penelitian ada 12 jenis. Pengujian dilakukan dengan alat Universal Testing Machine dengan memberikan beban tarik. Penelitian ini mendapatkan sifat mekanis bahan baja ringan C.75.75 yaitu, Tegangan leleh : 138,51 MPa, Tegangan maksimum : 156,21 MPa dan Modulus elastisitas : 52336 MPa. Pada penambahan lembaran karet 1 lapis ketebalan 0,5 mm dengan karet dilubangi (spesimen USL 1) menghasilkan nilai kapasitas paling optimal yaitu 17,332 KN atau kenaikan 13,36% dibandingkan spesimen ORI dengan nilai kapasitas 15,290 KN. Perilaku keruntuhan yang diamati tidak menemui perbedaan antara spesimen tanpa penambahan lembaran karet dan spesimen penambahan lembaran karet yaitu sobeknya profil baja ringan. Pengaruh lembaran karet terletak pada displacement yang terjadi, spesimen ORI memiliki displacement 9,53 mm dan semua spesimen USL dan USTL memiliki displacement lebih dari 10 mm.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:54
Last Modified: 13 Feb 2018 03:54
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10337

Actions (login required)

View Item View Item