Faisal, Muhammad Amir and Safe’i, Muhammad Theo (2017) PENGARUH PENAMBAHAN LEMBARAN KARET PADA KAPASITAS DAN PERILAKU SAMBUNGAN BAJA RINGAN DENGAN BAUT. Undergraduate thesis, Fakultas Teknik UNISSULA.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
DATAR PUSTAKA.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (104kB) | Preview |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (943kB) |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Baja ringan bukan hal baru dalam pelaksanaan proyek terutama pengerjaan rangka atap. Kelebihan baja ringan yaitu kuat tarik yang tinggi, berat sendiri yang ringan, pemasangan dan pembongkaran yang mudah. Melihat semakin banyaknya limbah karet ban yang ada dan disisi lain karet juga berfungsi untuk menahan gesekan yang bagus. Penelitian ini menguji sambungan baja ringan tanpa penambahan lembaran karet dan dengan penambahan lembaran karet. Variasi ketebalan lembaran karet yang digunakan yaitu 0,5 mm, 1 mm dan 2 mm, serta ada yang diberi lubang dan tidak diberi lubang. Ada satu lapisan lembaran karet dan dua lapisan lembaran karet. Sehingga total variabel pada penelitian ada 12 jenis. Pengujian dilakukan dengan alat Universal Testing Machine dengan memberikan beban tarik. Penelitian ini mendapatkan sifat mekanis bahan baja ringan C.75.75 yaitu, Tegangan leleh : 138,51 MPa, Tegangan maksimum : 156,21 MPa dan Modulus elastisitas : 52336 MPa. Pada penambahan lembaran karet 1 lapis ketebalan 0,5 mm dengan karet dilubangi (spesimen USL 1) menghasilkan nilai kapasitas paling optimal yaitu 17,332 KN atau kenaikan 13,36% dibandingkan spesimen ORI dengan nilai kapasitas 15,290 KN. Perilaku keruntuhan yang diamati tidak menemui perbedaan antara spesimen tanpa penambahan lembaran karet dan spesimen penambahan lembaran karet yaitu sobeknya profil baja ringan. Pengaruh lembaran karet terletak pada displacement yang terjadi, spesimen ORI memiliki displacement 9,53 mm dan semua spesimen USL dan USTL memiliki displacement lebih dari 10 mm.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 03:54 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 03:54 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10337 |
Actions (login required)
View Item |