EVALUASI PENERAPAN GREEN OPEN SPACE DAN GREEN COMMUNITY TERHADAP KUALITAS TAMAN DALAM PROGRAM PENGEMBANGAN KOTA HIJAU (P2KH) KECAMATAN KENDAL (Studi Kasus: Taman Stadion Utama, Langenharjo, Gajah Mada)

GRAHARISTIARA, MAJDINA ASTRI (2017) EVALUASI PENERAPAN GREEN OPEN SPACE DAN GREEN COMMUNITY TERHADAP KUALITAS TAMAN DALAM PROGRAM PENGEMBANGAN KOTA HIJAU (P2KH) KECAMATAN KENDAL (Studi Kasus: Taman Stadion Utama, Langenharjo, Gajah Mada). Undergraduate thesis, Fakultas Teknik UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (850kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Ruang Terbuka Hijau (RTH) perkotaan merupakan suatu hamparan yang ditumbuhi oleh beberapa pepohonan sebagai area peneduh kota dan sebagai pemenuhan kebutuhan ruang publik bagi masyarakat dalam beraktivitas dan bersosial. Upaya perwujudan RTH terus dilakukan oleh pemerintah, salah satunya yaitu dengan merintis pelaksanaan Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas RTH di wilayah Kabupaten maupun Kota. Salah satu bentuk RTH yaitu taman kota yang berfungsi untuk memperbaiki kualitas perkotaan dan menunjang kebutuhan masyarakat dalam mendapatkan ruang bersantai dan berekreasi. Kondisi taman di Kecamatan Kendal berdasarkan keterangan dari masyarakat banyak mengalami kerusakan baik lingkungan maupun fasilitas didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan Green Open Space dan Green Community terhadap Kualitas Taman dalam Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) Kecamatan Kendal yang terdiri dari Taman Stadion Utama, Taman Langenharjo dan Taman Gajah Mada. Metode yang digunakan adalah deduktif kualitatif dengan pendekatan rasionalistik. Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan verifikasi. Hasil dari penelitian ditemukan bahwa: 1) Hasil eveluasi penerapan Green Open Space pada taman-taman kota Kecamatan Kendal belum optimal, terutama pada Taman Stadion Utama dan Taman Langenharjo yang masih pasif karena belum ditunjang dengan fasilitas pendukung; 2) Hasil evaluasi penerapan Green Community belum optimal karena belum ada kegiatan aktif yang berkelanjutan sehingga belum dapat mewujudkan peran aktif masyarakat sebagai komunitas dalam mewujudkan Kota Hijau di Kecamatan Kendal; 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi belum optimalnya penerapan Green Open Space yaitu lokasi taman tidak berada di jalan utama, persebaran vegetasi yang belum optimal dalam memperbaiki iklim mikro karena penataannya kurang memperhatikan aspek fungsi dan manfaat, kondisi taman yang pasif karena kurangnya fasilitas pendukung serta tidak adanya daya tarik pada taman karena penataan dan pola tanaman yang tidak memenuhi estetika; 4) Faktor yang mempengaruhi belum optimalnya penerapan Green Community yaitu terkendala dana serta kurangnya kesadaran masyarakat dalam memelihara dan menjaga lingkungan. Kata Kunci: Ruang Terbuka Hijau, Taman Kota, Kota Hijau

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:50
Last Modified: 13 Feb 2018 03:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10266

Actions (login required)

View Item View Item