KAJIAN BIAYA PELAKSANAAN STRUKTUR BETON BERTULANG, STRUKTUR BAJA DAN STRUKTUR KOMBINASI BAJA – BETON (Studi Kasus : Pembangunan Gedung Depo Arsip Kabupaten Jepara)

ROCHMANTO, DECKY (2017) KAJIAN BIAYA PELAKSANAAN STRUKTUR BETON BERTULANG, STRUKTUR BAJA DAN STRUKTUR KOMBINASI BAJA – BETON (Studi Kasus : Pembangunan Gedung Depo Arsip Kabupaten Jepara). Masters thesis, Fakultas Teknik UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)

Abstract

Gedung perkantoran dalam perkembangannya selalu menggunakan struktur beton bertulang. Sangat sedikit dan jarang ditemui gedung perkantoran menggunakan struktur baja, padahal struktur baja sangat mudah dan cepat penggunaannya dengan alat bantu sarana pemasangan yang sangat sederhana, sehingga sangat menghemat biaya pengadaan dan waktu. Untuk itu perlu kiranya mengkaji ulang tentang material yang digunakan dalam penentuan biaya yang murah dalam suatu perancangan struktur bangunan, dalam kajian ini mengambil studi kasus Pembangunan Gedung Depo Arsip Kabupaten Jepara dengan tingkatan tiga (3) lantai, bagian struktur yang ditinjau adalah kolom, balok dan plat lantai. Kajian ini menggunakan metode perancangan desain dan metode analisa harga satuan yang berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI). Hasil perancangan yang dihitung dengan SAP 2000 tersebut jika sudah dinyatakan kuat, maka dilanjutkan ke dalam perhitungan biaya. Hasil dari perhitungan biaya tersebut dibandingkan dengan enam kombinasi struktur dengan menggunakan bahan yang berbeda yaitu Tipe I (kolom beton, balok beton dan plat beton), Tipe II (kolom beton, balok beton dan plat menggunakan bondek), Tipe III (kolom beton, balok baja dan plat beton), Tipe IV (kolom beton, balok baja dan plat menggunakan bondek), Tipe V (kolom baja, balok baja dan plat beton), Tipe VI (kolom baja, balok baja dan plat menggunakan bondek), dimana biaya yang termurah adalah pada struktur Tipe IV dengan biaya Rp. 831.410.457,27 dan biaya termahal pada struktur Tipe V dengan biaya Rp. 1.681.203.014,48. Jika dilihat dari segi standar biaya maka tipe I, II, III dan IV dalam desain dan anggaran biaya dapat digunakan yaitu dengan prosentase Tipe I senilai 95 %,Tipe II senilai 85 %, Tipe III senilai 93 %, Tipe IV senilai 83 % sedangkan Tipe V senilai 169 % dan Tipe VI senilai 159 %, jadi Tipe V dan Tipe VI tidaklah kurang tepat jika desainnya dipakai dalam anggaran biaya, karena terlalu boros. Seharusnya Tipe V dan Tipe VI, desainnya perlu diadakan perubahan agar dapat mendekati nilai dari standar biaya. Kata kunci: SNI, biaya, struktur beton, struktur baja, plat lantai

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:48
Last Modified: 13 Feb 2018 03:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10244

Actions (login required)

View Item View Item