Yanti, Ria Trivi (2017) PENINGKATAN SIFAT DEMOKRATIS DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DI KELAS VI B SD NEGERI 02 BRABO. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (148kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) |
Abstract
Penelitian ini berawal dari observasi yang dilaksanakan di kelas V SDN 02 Brabo yang menunjukkan masih kurangnya sifat demokratis siswa yang ditunjukkan dengan masih banyaknya siswa yang kurang menghargai pendapat dari siswa yang lain. Selain itu, prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn masih kurang, hal ini ditunjukkan dengan masih banyak siswa yang nilainya dibawah KKM pada Ulangan Akhir Semester serta masih digunakannya model pembelajaran yang berpusat pada guru dan kurangnya penggunaan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan sifat demokratis siswa dan prestasi belajar PKn melalui model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan media gambar di kelas VI B SDN 02 Brabo. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan teknik non tes. Adanya peningkatan sifat demokratis siswa dan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan sifat demokratis siswa pada siklus I sebanyak 72% dengan kriteria sifat demokratis siswa baik dan pada siklus II meningkat menjadi 93% dengan kriteria sifat demokratis siswa sangat baik. Peningkatan prestasi belajar ditunjukkan pada siklus I sebanyak 60% dengan dan pada siklus II meningkat menjadi 90%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan media gambar dapat meningkatkan sifat demokratis dan prestasi belajar siswa kelas VI B SDN 02 Brabo. Kata Kunci : sifat demokratis, prestasi belajar, model Reciprocal Teaching, media gambar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 03:48 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 03:48 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10232 |
Actions (login required)
View Item |