Sukmawati, Wiwin (2017) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA KARTU PINTAR KELAS V SDN MUKTIHARJO LOR. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (20kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (14kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar PKn dengan melalui model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media kartu pintar kelas V SDN Muktiharjo Lor kecamatan Genuk kota Semarang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilalui sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri atas dua pertemuan yang terbagi menjadi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitia dilakukan pada siswa kelas V B SDN Muktiharjo Lor dengan jumlah siswa sebanyak 25. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik tes dan teknik nontes. Dalam teknik tes, alat yang digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa adalah lembar evaluasi, sedangkan teknik nontes menggunakan observasi dengan alat pengumpulan data berupa lembar observasi yaitu aktivitas guru dan aktivitas siswa serta angket dengan menggunakan angket yang digunakan untuk mengukur peningkatan sikap tanggung jawab siswa, Peningkatan tanggung jawab siswa ditunjukan dengan adanya peningkatan indikator-indikator tanggung jawab dalam setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh presentase sebanyak 74,20% termasuk kategori tanggung jawab baik. Pada siklus II memperoleh presentase sebanyak 84,00 % termasuk tanggung jawab sangat baik. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa ditunjukan dengan presentase 76,00%. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 92,00%. Mendasari hasil penelitian diatas menyimpulkan bahwa prestasi belajar dan tanggung jawab mata pelajaran PKn kelas V SDN Muktiharjo Lor dapat ditingkatkan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay dengan berbantuan media kartu pintar. Kata Kunci: Tanggung Jawab, Prestasi Belajar, Model pembelajaran Course Review Horay, Media Kartu Pintar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 03:48 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 03:48 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10231 |
Actions (login required)
View Item |