Nugraheni, Tanty (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION DI KELAS III SDN 1 KEDUNGSARI. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (942kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (86kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : untuk meningkatkan kemapuan dalam berpikir kritis dan tanggung jawab belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran attention,relevance,cofidence,satisfaction di kelas III SD N 1 Kedungsari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Pada setiap siklus terdapat 2 kali pertemuan dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, obervasi, refleksi.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD N 1 Kedungsari yang berjumlahb 36 siswa. Teknik dalam pengumpilan data menggunakan tes dan observasi. Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan tanggung jawab siswa ditunjukkan dengan peningkatan berpikir kritis siswa pada siklus 1 dengan persentase ketuntasan 73,94% meningkat pada siklus 2 dengan persentase ketuntasan 86,33%. Tanggung jawab siswa pada siklus 1 rata-rata indikator sebesar 54,71% dan siklus 2 sebesar 85,43%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahawa model pembelajaran attention, relevance, confidence, satisfaction (ARCS) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan tanggung jawab belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas III SD 1 Kedungsari. Kata Kunci : Kemampuan berpikir kritis, tanggung jawab, model attention, relevabce, confidence, satisfaction (ARCS)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 03:48 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 03:48 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10225 |
Actions (login required)
View Item |