Arvianti, Qorina Atika (2017) PENINGKATAN KERJA KERAS DAN KETERAMPILAN BERBICARA HASIL PENGAMATAN MELALUI METODE SIMULASI BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI DI KELAS V SDN 1 RAWOH. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (27kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (38kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (18kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari sikap kerja keras dan keterampilan berbicara siswa yang kurang, hal ini disebabkan karena siswa menganggap mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah pelajaran yang membosankan, sehingga siswa kurang terfokus pada saat proses pembelajaran. Selain hal tersebut, minat siswa dalam menyelesaikan tugas juga rendah karena kurangnya pemahaman materi yang telah disampaikan. Dengan demikian dilakukan tindakan penelitian dengan menggunakan metode pembelajaran simulasi berbantuan media gambar seri yang diharapkan dapat meningkatkan kerja keras dan keterampilan berbicara siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kerja keras dan keterampilan berbicara laporan pengamatan melalui metode simulasi berbantuan media gambar seri di kelas V SDN 1 Rawoh. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Rawoh yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes yang meliputi: lembar unjuk kerja, lembar angket, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta lembar wawancara. Peningkatan sikap kerja keras siswa ditunjukkan dengan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dengan jumlah skor 1566 dan persentase sebesar 68%. Kemudian pada siklus II dengan jumlah skor 1856 dan persentase sebesar 82%. Peningkatan keterampilan berbicara hasil pengamatan siswa ditunjukkan dengan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dengan nilai rata- rata 13,70 dan persentase siswa yang mendapat nilai baik dan sangat baik 65%, kemudian pada siklus II dengan nilai rata- rata 16,22 dan persentase nilai siswa yang mendapat nilai baik dan sangat baik 83%. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran simulasi dapat meningkatkan kerja keras dan keterampilan berbicara hasil pengamatan siswa di kelas V SDN 1 Rawoh. Kata Kunci: Kerja Keras, Keterampilan Berbicara Hasil Pengamatan, Metode Pembelajaran Simiulasi, Media Gambar Seri
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 03:46 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 03:46 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10205 |
Actions (login required)
View Item |