PENINGKATAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DI KELAS IV SD NEGERI DOMBO

Fadlilah, Nur (2017) PENINGKATAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DI KELAS IV SD NEGERI DOMBO. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas IV SD N Dombo IV SD N Dombo Sayung, menunjukan bahwa sikap tanggung jawab masih kurang hal tersebut terbukti dengan siswa yang masih mengandalkan dan bergantung pada temanya yang lebih pandai, selain itu prestasi belajar pada mata pelajaran IPA masih rendah dibuktikan dengan nilai yang diperoleh siswa masih di bawah KKM. Penelitian yang dilaksanakan ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap tanggung jawab dan prestasi belajar IPA melalui model pembelajaran Team Assisted Individualiztion (TAI) di kelas IV SD N Dombo, kecamatan Sayung, kota Demak. Subjek penelitian ini adalah kelas IV SD N Dombo yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Team Assisted Individualiztion (TAI) dapat meningkatkan sikap tanggung jawab yang terjadi pada siswa dengan rata-rata 55% kriteria kurang tanggung jawab pada siklus I dan 82% kriteia sangat tanggung jawab pada siklus II. Pada prestasi belajar, siklus I memperoleh 68% dengan rata-rata kelas 65, sedangkan pada siklus II memperoleh ketuntasan 89% kriteria baik sekali dengan rata-rata 83%. Dari hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Assisted Individualiztion (TAI) dapat meningkatkan sikap tanggung jawab dan prestasi belajar IPA di kelas IV SD N Dombo, Sayung. Kata Kunci : Tanggung Jawab, Prestasi Belajar, Team Assisted Indivodulization (TAI)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:46
Last Modified: 13 Feb 2018 03:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10203

Actions (login required)

View Item View Item