Islamiati, Linda (2017) PENINGKATAN DISIPLIN DAN NILAI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL KELAS IVA SDN KALISARI 3. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (261kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Disiplin dan Nilai Belajar pada mata pelajaran IPA melalui model Index Card Match berbantuan media Audio Visualpada kelas IVA di SDN Kalisari 3. Berdasrkan hasil observasi yang dilaksanakan pada tanggal 15 November 2016 di kelas IVA SDN Kalisari 3 jumlah siswa 37 siswa menujukan bahwa disiplin belajar masih kurang. Hal tersebut terbukti dengan siswa kurang disiplin dalam masalah waktu, siswa cenderung datang tidak tepat waktu, tidak mematuhi peraturan yang ada. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Dari hasil penelitian menjukan bahwa model Index Card Match berbantuan media Audio Visual dapat meningkatkan sikap disiplin dan nilai belajar siswa yang dibuktikan dengan perolehan hasil disiplin belajar pada siklus I sebesar 71,1% dapat dikategorikan kedalam kriteria disiplin. Presentase meningkat pada siklus II menjadi 85,2% dapat dikategorikan kedalam kriteria sangat disiplin. Pada nilai belajar memperoleh rata-rata pada siklus I sebesar 61,35 dengan presentase sebesar 24,32%. Pada siklus II diperoleh rata-rata nilai belajar siswa sebesar 82 dengan presentase ketuntasan sebesar 86,4%, maka dapat disimpulkan penelitian menggunakan model Index Card Match berbantuan media Audio Visualdapat meningkatkan disiplin dan nilai belajar IPA kelas IVA SDN Kalisari 3. Kata Kunci : Disiplin, Nilai Belajar, Model Index Card Match, Media Audio Visual
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 03:46 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 03:46 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10192 |
Actions (login required)
View Item |