PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KERJA KERAS MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN GARIS BILANGAN BULAT DI KELAS IV SD ISLAM SULTAN AGUNG 1

Yulianti, Lilik (2017) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KERJA KERAS MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN GARIS BILANGAN BULAT DI KELAS IV SD ISLAM SULTAN AGUNG 1. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (966kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika dan kerja keras melalui model Think Pair Share berbantuan garis bilangan bulat di kelas IV SD Islam Sultan Agung 1, Kelurahan Bangunharjo, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Islam Sultan Agung 1 yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Adanya peningkatan pemahaman konsep ditunjukkan dengan meningkatnya pemahaman konsep matematika siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 83,29 dengan presentase ketuntasan belajar 77%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 91,87 dengan presentase ketuntasan belajar 94%. Adanya peningkatan kerja keras belajar siswa yang ditunjukkan dengan meningkatnya indikator kerja keras dalam setiap siklusnya. Pada siklus I memperoleh skor sebanyak 1128 dengan presentase 72,77% termasuk kriteria kerja keras baik. Pada siklus II memperoleh skor sebanyak 1354 dengan presentase 87,35% termasuk kriteria kerja keras sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa model Think Pair Share berbantuan garis bilangan bulat dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika dan kerja keras di kelas IV SD Islam Sultan Agung 1. Kata Kunci: Pemahaman konsep matematika, Kerja keras, Model Think Pair Share

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:45
Last Modified: 13 Feb 2018 03:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10191

Actions (login required)

View Item View Item