PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TAKE AND GIVE MATA PELAJARAN IPA KELAS III SDN GEBANGSARI 02

Maharani, Lastika (2017) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TAKE AND GIVE MATA PELAJARAN IPA KELAS III SDN GEBANGSARI 02. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (945kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (106kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa melalui model Take and Give pada kelas III SDN Gebangsari 02 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan tindakan. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Gebangsari 02 Semarang yang berjumlah 43 siswa. Penilaian pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa sedangkan teknik non tes digunakan untuk mengukur rasa ingin tahu siswa menggunakan lembar angket rasa ingin tahu. Adanya peningkatan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan rasa ingin tahu siswa dengan rata-rata presentase pada siklus I sebesar 62% dengan kriteria rasa ingin tahu siswa baik dan pada siklus II rasa ingin tahu siswa meningkat sebesar 87% dengan kriteria rasa ingin tahu sangat baik. Selain itu penigkatan hasil belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata presentase sebesar 40% dan pada siklus II meningkat sebesar 93%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Take and Give dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa dan hasil belajar siswa kelas III SDN Gebangsari 02 Semarang. Kata Kunci : Rasa Ingin Tahu, Hasil Belajar, Model Take and Give

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:45
Last Modified: 13 Feb 2018 03:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10190

Actions (login required)

View Item View Item