PENINGKATAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL KELAS VA SDN KARANGROTO 01

Astuti, Ita Yulistiana (2017) PENINGKATAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL KELAS VA SDN KARANGROTO 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Disiplin dan Prestasi Belajar pada mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran Think Talk Write berbantuan media audio visual pada kelas VA di SDN Karangroto 01. Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan pada tanggal 15 November 2016 di kelas VA SDN Karangroto 01 dengan jumlah 29 siswa menunjukkan bahwa disiplin belajar masih kurang. Hal tersebut terbukti dengan siswa kurang tepat waktu pada saat mengumpulkan tugas-tugas yang diberikan oleh guru dan sering terlambat masuk kelas. Kemudian berimbas pada prestasi belajar siswa yang masih tergolong rendah, dibuktikan dengan nilai yang diperoleh siswa masih jauh dibawah KKM. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan sikap disiplin belajar pada siswa yang dibuktikan dengan perolehan hasil pada siklus I sebesar 70.5% dapat dikategorikan kedalam kriteria disiplin. Persentase meningkat disiklus II menjadi 86.1% dapat dikategorikan kedalam kriteria sangat disiplin. Pada prestasi belajar memperoleh rata-rata pada siklus I adalah 74.41 dengan ketuntasan belajar sebesar 62.07%. pada siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 88.00 dengan ketuntasan belajar sebesar 92.10% maka dapat disimpulkan penelitian menggunakan model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan disiplin dan prestasi belajar IPS kelas VA SDN Karangroto 01. Kata Kunci : Disiplin, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Think Talk Write

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:45
Last Modified: 13 Feb 2018 03:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10187

Actions (login required)

View Item View Item