Astuti, Ita Yulistiana (2017) PENINGKATAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL KELAS VA SDN KARANGROTO 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (291kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Disiplin dan Prestasi Belajar pada mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran Think Talk Write berbantuan media audio visual pada kelas VA di SDN Karangroto 01. Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan pada tanggal 15 November 2016 di kelas VA SDN Karangroto 01 dengan jumlah 29 siswa menunjukkan bahwa disiplin belajar masih kurang. Hal tersebut terbukti dengan siswa kurang tepat waktu pada saat mengumpulkan tugas-tugas yang diberikan oleh guru dan sering terlambat masuk kelas. Kemudian berimbas pada prestasi belajar siswa yang masih tergolong rendah, dibuktikan dengan nilai yang diperoleh siswa masih jauh dibawah KKM. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan sikap disiplin belajar pada siswa yang dibuktikan dengan perolehan hasil pada siklus I sebesar 70.5% dapat dikategorikan kedalam kriteria disiplin. Persentase meningkat disiklus II menjadi 86.1% dapat dikategorikan kedalam kriteria sangat disiplin. Pada prestasi belajar memperoleh rata-rata pada siklus I adalah 74.41 dengan ketuntasan belajar sebesar 62.07%. pada siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 88.00 dengan ketuntasan belajar sebesar 92.10% maka dapat disimpulkan penelitian menggunakan model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan disiplin dan prestasi belajar IPS kelas VA SDN Karangroto 01. Kata Kunci : Disiplin, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Think Talk Write
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 03:45 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 03:45 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10187 |
Actions (login required)
View Item |