Ni’mah, Hidayatun (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD ISLAM SULTAN AGUNG 1.3 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (945kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (155kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
Abstract
Penelitian ini mempunyai maksud bertujuan untuk mengetahui apakah minat dan prestasi belajar matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (think pair share) lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran konvensional siswa kelas III. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan desain penelitian Nonequivalen Control Group Desain. Populasi pada kegiatan ini adalah seluruh kelas III yang digolongkan menjadi dua kelas sebanyak 68 siswa dengan sampel sebagian kelas III A (eksperimen) dan sebagian kelas III B (kontrol). Pengambilan sampel ini sendiri menggunakan teknik sampling sistematis. Analisis data penelitian ini adalah uji coba instrumen penelitian (validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal), dari data yang sudah di uji kelayakannya tersebut kemudian digunakan sebagai pretest dan posttest. Dilanjutkan uji analisis data awal dan akhir kemudian diteruskan uji hipotesis, yaitu digunakan uji t. Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa 1) prestasi belajar matematika dengan memanfaatkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik dari pada prestasi belajar matematika menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini tercermin dari hasil rerata nilai yang diperoleh kelas eksperimen yaitu 89,5 dan kelas kontrol yaitu 79,63. Selain itu, dapat dilihat pula dari uji hipotesis yang diperoleh thitung = 2,94 dan ttabel dengan α signifikan 5 % = 0,041 dengan kriteria pengujian jika –ttabel ≤ thitung ≤ ttabel (-2,94 ≤ 0,041 ≤ 2,94). 2) minat belajar matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal tercermin dari hasil rerata nilai yang diperoleh kelas eksperimen yaitu 65,22 dan kelas kontrol yaitu 58,91. Selain itu, dapat dilihat pula dari uji hipotesis yang diperoleh thitung = 2,96 dan ttabel dengan α signifikan 5 % = 0,041 dengan kriteria pengujian jika –ttabel ≤ thitung ≤ ttabel (-2,96 ≤ 0,041 ≤ 2,96). Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share), minat belajar, dan prestasi belajar matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 03:45 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 03:45 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10180 |
Actions (login required)
View Item |