PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI DI KELAS IV B SD ISLAM SULTAN AGUNG 4

Sudiharjo, Eko (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI DI KELAS IV B SD ISLAM SULTAN AGUNG 4. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (695kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (97kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)

Abstract

Berdasarkan hasil obeservasi di kelas IV B SD Islam Sultan Agung 4 Semarang ditemukan permasalahan dalam menulis karangan narasi, bahwa siswa masih kesulitan dalam menuangkan ide-ide/gagasan, sedikitnya penguasaan kosa kata dalam mengarang sehingga siswa mengulangi tulisannya dari awal. Selain itu, guru tidak menggunakan model dan media pembelajaran yang variatif dan optimal, sehingga siswa sulit dalam menerima materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Think Talk Write berbantuan media gambar seri di SD Islam Sultan Agung 4 Semarang tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa SD Islam Sultan Agung 4 Semarang yang berjumlah 31 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Think Talk Write berbantuan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa dikelas IV B Islam Sultan Agung 4 Semarang. Hal ini dibuktikan dari data pra penelitian yang rata-rata awal 58,54 meningkat dengan rata-rata 67,00 pada siklus I, dan pada siklus II meningkat dengan rata-rata 75,48. Kata kunci: Karangan Narasi, Gambar Seri, Model Think Talk Write

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:44
Last Modified: 13 Feb 2018 03:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10168

Actions (login required)

View Item View Item