PENINGKATAN CINTA TANAH AIR DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN MEDIA VIDEO KELAS V SDN KARANGROTO 02

Aryatama, Bima (2017) PENINGKATAN CINTA TANAH AIR DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN MEDIA VIDEO KELAS V SDN KARANGROTO 02. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (906kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (14kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: untuk meningkatkan sikap cinta tanah air dan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran Team Assisted Individualization berbantuan media video mata pelajaran IPS kelas V SDN Karangroto 02. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Karangroto 02 yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Adanya peningkatan cinta tanah air dan prestasi belajar siswa yang ditunjukan dengan peningkatan sikap cinta tanah air siswa pada siklus I dengan persentase ketuntasan kelas 82% dengan kriteria cinta tanah air sangat baik. Pada siklus II dengan persentase ketuntasan kelas 85% dengan kriteria cinta tanah air sangat baik. Prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh 58%. Pada siklus II diperoleh 83%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Assisted Individualization dapat meningkatkan cinta tanah air dan prestasi belajar siswa kelas V SDN Karangroto 02. Kata kunci : Cinta Tanah Air, Prestasi Belajar, Team Assisted Individualization, Media Video

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:43
Last Modified: 13 Feb 2018 03:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10156

Actions (login required)

View Item View Item