PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED NDIVIDUALIZATION DI KELAS V SDN GEBANGSARI 03 SEMARANG

Zain, Aqim Muhaimin (2017) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED NDIVIDUALIZATION DI KELAS V SDN GEBANGSARI 03 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (944kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas V SDN Gebangsari 03 Semarang, menunjukkan bahwa rasa ingin tahu siswa masih kurang terbukti dengan kurangnya keberanian bertanya dan menanggapi pendapat temannya, siswa kurang aktif dan hanya sebagai penerima materi saja, selain itu metode yang digunakan dalam pembelajaran kurang bervariasi sehingga berdampak pada kurangnya pemahaman siswa pada materi yang diajarkan oleh guru, terbukti dengan masih banyak siswa pada mata pelajaran IPA yang nilainya belum memenuhi KKM pada Ulangan Akhir Semester. Penelitiann ini bertujuan untuk meningkatkann rasa ingin tahu dan prestasii belajar siswa melalui model pembelajaran Team Assisted Individualization di kelas V SDN Gebangsari 03 Semarang. Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas V SDN Gebangsari 03 Semarang yang berjumlah 40 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu teknik tes dan teknik non tes. Adanya peningkatan rasa inginn tahu dan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan sikap rasa inginn tahu pada siklus I sebanyak 77,95% dengan kriteria rasa ingin tahu baik, sedangkan siklus II bertambah menjadi 85,25% dengan kkriteria rasa ingin tahu siswa sangat baik. Hasill prestasi belajar siswa pada siklus I 75,00%. Siklus II bertambah menjadi 87,50%. Bersumber pada hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran Team Assisted Individualization dapat meningkatkann rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPA siswa kelas V SDN Gebangsari 03 Semarang. Kata Kunci: Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Team Assisted Individualization

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:43
Last Modified: 13 Feb 2018 03:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10153

Actions (login required)

View Item View Item