Khariroh, Lailatul (2017) PENINGKATAN KETRAMPILAN MEMBACA NYARING TEKS PERCAKAPAN MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DI KELASV SDN KARANGASEM 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (173kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan bagaimana cara membaca nyaring yang baik dan benar dengan pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan model pembelajaran COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) dikelas V SDN Karangasem 01, kecamatan sayung, kabupaten Demak. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 tahapan siklus. Pada tiap siklusnya terdiri dari 2 petemuan dan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, danrefleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDNKarangasem 01 yang berjumlah 39 orang yang terdiri dari 21 orang perempuan dan 17 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Adanya peningkatan membaca nyaring yang ditunjukkan dengan peningkatan aspek minat belajar siswa pada tiap siklusnya. Pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata 3, 85 dengan kriteria kurang dalam membaca nyaring. Pada siklus 2 diperoleh rata-rata nilai 4, 44 dengan kriteria membaca nyaring. Adanya peningkatan membaca nyaring siswa yang ditunjukka pada tiapsiklusnya. Pada silus 1dengan persentase 54,6%. Pada siklus 2 dengan persentase 80.13% Berdasarkan hasil penelitian diatasmaka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan membaca nyaring pada siswakelas V SDN Karangasem 01 kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Kata kunci: membaca nyaring, model CIRC
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 03:42 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 03:42 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10142 |
Actions (login required)
View Item |