WATINI, WATINI (2017) MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI SISTEM PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT MELALUI MODEL INDEX CARD MATCH DI KELAS IV SD NEGERI KARASGEDE. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (106kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (494kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar mata pelajaran Pkn melalui model Index Card Match di kelas IV SDN Karasgede, kecamatan lasem, kabupaten rembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Karasgede yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Adanya peningkatan tanggung jawab siswa yang ditunjukan dalam setiap siklusnya pada sikap tanggung jawab siswa siklus I pertemuan I diperoleh 4 siswa mencapai kategori sangat baik dengan presentase 18,18%, siklus I pertemuan II diperoleh 19 siswa mencapai kategori sangat baik dengan presentase 81,82%, siklus II pertemuan II diperoleh 19 siswa mencapai kategori sangat baik dengan presentase 86,36%, siklus II pertemuan II diperoleh 2 siswa mencapai kategori sangat baik dengan presentase 90,91%. Hasil penelitian prestasi belajar siswa dengan jumlah nilai pada siklus I 1420 dengan klasikal ketuntasan prestasi 63,63% dengan nilai rata-rata kelas 64,54, pada siklus II prestasi belajar siswa dengan jumlah nilai 1810 dengan klasikal ketuntasan prestasi 86,36% dengan nilai rata-rata kelas 82.27. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan sikap tanggung jawab dan prestasi belajar siswa. Kata kunci : tanggung jawab, prestasi belajar, Pkn, Model pembelajaran Index Card Match
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 03:42 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 03:42 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10140 |
Actions (login required)
View Item |