PENINGKATAN KETERAMPILAN MENCERITAKAN TOKOH IDOLA DENGAN MODEL JIGSAW DAN MEDIA VIDEO BIOGRAFI TOKOH BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA KELAS VII B MTS TAMRINUSSIBYAN SUMBERSARI

Khotimah, Afif Aizzatul Khusnul (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENCERITAKAN TOKOH IDOLA DENGAN MODEL JIGSAW DAN MEDIA VIDEO BIOGRAFI TOKOH BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA KELAS VII B MTS TAMRINUSSIBYAN SUMBERSARI. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (995kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Prosedur dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat siklus. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII B MTs. Tamrinussibyan Sumbersari berjumlah 23 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah keterampilan siswa dalam bercerita. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan peningkatan keterampilan bercerita tentang tokoh idola menggunakan model Jigsaw dan media video biografi tokoh bermuatan pendidikan karakter. Pengumpulan data dalam penilitian ini adalah tes praktik bercerita, angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket, lembar pengamatan, lembar penilaian keterampilan bercerita, dan dokumentas kegiatan. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penilitian dapat diketahui bahwa penggunaan model pembelajaran Jigsaw dan media video biografi tokoh bermuatan pendidikan karakter dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa yaitu tampak pada meningkatnya kegiatan proses pembelajaran yang terlihat oleh adanya keefektifan siswa, perhatian pada pembelajaran, antusias dan semangat siswa selama pembelajaran dan keberanian bercerita di depan kelas. Peningkatan secara produk dapat dilihat dari peningkatan skor hasil bercerita siswa pada setiap siklus. Keterampilan rata-rata siswa dalam bercerita sebelum adanya tindakan berkategori kurang. Namun, setelah diterampaknnya implementasi tindakan selama tiga siklus, keterampilan rata-rata siswa dalam bercerita meningkat menjadi kategori baik dan kategori sangat baik. Peningkatan hasil atau produk dapat dilihat dari perbandingan skor rata-rata bercerita siswa pada setiap siklus. Skor rata-rata siswa pada tahap prasiklus adalah 41, pada tahap siklus I meningkat menjadi 60,03, kemudia pada tahap siklus II meningkat menjadi 78,52, dan pada tahap siklus III meningkat menjadi 88,13. Dengan demikian, keterampilan bercerita siswa kelas VII B MTs. Tamrinussibyan Sumbersari sudah mengalami peningkatan, baik secara proses mmaupun produk setelah diberi tindakan berupa model pembelajaran Jigsaw dan media video biografi tokoh bermuatan pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:42
Last Modified: 13 Feb 2018 03:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10136

Actions (login required)

View Item View Item