PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERNUANSA ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA

Riyanto, Riyanto (2017) PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERNUANSA ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (860kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)

Abstract

Kemampuan penalaran matematis merupakan suatu pemikiran menganalisis situasi-situasi matematik secara teliti. Untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dibutuhkan suatu model pembelajaran yang tepat. Pembelajaran problem posing merupakan suatu model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa yang dipadukan dengan pembelajaran bernuansa Islami. Dengan pembelajaran problem posing bernuansa Islami akan membatu siswa dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa serta memperbaiki sikap belajar siswa dengan nilai-nilai Islam sebagaimana tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen dimana peneliti membandingkan dua model pembelajaran yaitu model problem posing bernuansa Islami dengan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division). Populasi dalam peneltian ini adalah siswa kelas X SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang tahun ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random sampling. kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran problem posing bernuansa Islami dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran STAD. Serta X IPA 3 sebagai kelas uji coba. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji ketuntasn belajar, uji perbedaan rata-rata dan uji kelinieran. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kemapuan kemampuan penalaran matematis siswa kelas X SMA Islam Sultan Agung Semarang 3 pada kelas eksperimen mencapai KKM 75 pada pokok bahasan aturan sinus dan cosinus dengan hasil rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa sebesar 81,12, (2) rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa yang menrima pembelajaran problem posing bernuansa Islami lebih tinggi yaitu sebesar 81,12 dari pada rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa yang menerima pembelajaran STAD dengan rata-rata sebesar 76,82 (3) Terdapat pengaruh sikap belajar pada pembelajaran problem posing bernuansa Islami terhadap kemampuan matematis siswa. Melalui persamaan regresi Y ̂ = 15,654 + 0,701x. Besarnya pengaruh sikap belajar pada pembelajaran problem posing bernuansa Islami terhadap kemampuan penalaran matematis siswa sebesar 53,2% sedangkan 46,8% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci : Problem posing bernuansa Islami, Penalaran matematis, sikap belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:42
Last Modified: 13 Feb 2018 03:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10130

Actions (login required)

View Item View Item