Syafrizal, Maulfi Alfan (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL BERPIKIR BERBICARA MENULIS DAN MEDIA E-KOMIK BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS VII SEMESTER II SMP N 3 MRANGGEN TAHUN PELAJARAN 2017. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (181kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kata kunci: keterampilan menulis, teks cerpen, model berpikir berbicara menulis dan media E-Komik. Keterampilan menulis teks cerpen merupakan proses menuangkan ide dan gagasan ke dalam sebuah tulisan. Keterampilan menulis teks cerpen pada siswa kelas VII masih rendah. Hal ini disebabkan siswa kurang mampu menentukan diksi dan tema dalam menulis teks cerpen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran keterampilan menulis teks cerpen menggunakan model berpikir, berbicara, menulis dan media E-Komik bermuatan pendidikan karakter pada siswa kelas VII SMP N 3 Mranggen, bagaimana peningkatan hasil keterampilan menulis teks cerpen menggunakan model berpikir berbicara menulis dan media E-Komik, dan bagaimana perubahan sikap dan motivasi belajar siswa dalam menulis teks cerpen menggunakan model berpikir, berbicara, menulis dan media E-Komik bermuatan pendidikan karakter. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam tiga tahap, yaitu tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes dan nontes. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil Peningkatan keterampilan menulis teks cerpen pada prasiklus sebesar 64, 60, siklus I mencapai 74,93, dan pada siklus II sebesar 82,73, terjadi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model berpikir berbicara menulis dan media E-Komik bermuatan pendidikan karakter dapat meningkatkan hasil tes menulis teks cerpen dan mengubah sikap dan motivasi belajar siswa menjadi lebih baik. Peneliti menyarankan model berpikir berbicara menulis dan media E-Komik dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam mengajarkan materi menulis teks cerpen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 03:41 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 03:41 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10115 |
Actions (login required)
View Item |